Cara Mengatasi Ngorok yang Menganggu

Cara Atasi Ngorok

Mendengkur / Ngorok

Cara mengatasi ngorok nampaknya akan menjadi perbincangan sehari hari yang menarik. Ngorok atau mendengkur merupakan keadaan yang tidak kita sadari saat tidur. Saat mendengkur, biasanya ada suara yang keluar. Suara tersebut bisa kencang, bisa juga pelan.

Ngorok menjadi masalah klasik yang selalu menganggu selama bertahun tahun. Ngorok sendiri menjadi masalah bagi orang yang tidur berpasangan. Biasanya pasangannya akan merasa terganggu dengan suara ngorok yang bisa menjadi cukup kencang.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengkur juga dapat menimbulkan masalah riil dalam pernikahan. Ngorok memang bisa dibilang masalah yang sepele, tetapi tetap perlu untuk diatasi.

Cara Cara yang Digunakan Untuk Mengatasi Ngorok Dengan Mudah

Tentunya anda tidak ingin memiliki masalah dengan pasangan hanya karena gaya tidur yang mendengkur. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Misalnya saja cara yang pertama, yaitu dengan mengubah posisi tidur. Biasanya ngorok sering terjadi pada posisi tidur yang telentang.

Pada posisi ini, pangkal lidah dan langit-langit lunak akan jatuh ke dinding belakang tenggorokan. Sehingga menyebabkan suara bergetar ketika tidur. Maka cara mengatasi ngorok yang bisa anda coba lakukan adalah dengan tidur sambil berbaring dengan kepala yang diperpanjang.

Sehingga dapat membuka saluran napas hidung dan membantu mencegah anda tidur mendengkur. Tetapi cara ini dapat menyebabkan sakit leher. Cara mengatasi ngorok yang selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan. Percaya atau tidak, kebanyakan orang yang mengorok adalah orang yang gemuk atau memiliki masalah pada berat badan.

Walaupun memang ada juga orang kurus yang bisa tidur mendengkur. Tetapi jika memang anda menyadari telah mengalami kegemukan dan mendengkur ketika tidur, cobalah untuk menurunkan berat badan. Cara ini tidak hanya baik untuk mengatasi tidur yang ngorok. Tetapi tentunya juga akan baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yang mengancam orang yang kelebihan berat badan.

Tentunya masih ada lagi tips yang bisa anda jalankan sebagai cara mengatasi ngorok. Selanjutnya, cobalah untuk menghindari minuman yang beralkohol. Alkohol atau obat penenang, pada dasarnya dapat mengurangi istirahat pada otot-otot di bagian belakang tenggorokan.

Akibatnya resiko mengorok atau mendengkur pun bisa anda alami. Minum alkohol 4-5 jam sebelum tidur dapat membuat anda tidur mendengkur dengan parah. Selain itu, orang yang biasanya tidak mendengkur juga bisa menjadi mendengkur setelah minum alkohol.

Maka dari itu sebaiknya cobalah untuk menghindari minuman beralkohol. Cobalah untuk berhenti dari kebiasaan yang kurang baik ini. Minuman beralkohol tidak hanya dapat berpengaruh pada munculnya kebiasaan mendengkur, tetapi juga dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

Ternyata kebiasaan buruk seperti kurang tidur juga dapat memberikan efek yang sama. Bekerja berjam-jam tanpa tidur yang cukup akan menyebabkan seseorang merasa lelah, sehingga efeknya tidur pun menjadi mendengkur.

Maka dari itu, cara mengatasi ngorok yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga pola tidur agar tetap teratur. Jangan terlalu memforsir diri hingga lupa untuk berisitirahat. Selain itu, cobalah untuk menjaga saluran hidung. Dengkuran dimulai melalui hidung. Sehingga dengan menjaga saluran hidung tetap terbuka, dapat membantu menyelesaikan masalah.

Hal ini dapat memungkinkan udara bergerak lebih lambat. Saluran nafas pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Ketika hidung tersumbat atau menyempit karena disebabkan suatu hal, maka udara yang bergerak lebih cepat dapat menghasilkan dengkuran.

Jika setelah mengatasi cara-cara di atas masalah ngorok anda masih belum terselesaikan, jangan langsung putus asa. Cobalah memberikan pengertian pada pasangan. Sehingga pasangan pun juga dapat turut membantu menyelesaikan masalah yang satu ini.

Mengorok sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Masalah ini bisa diselesaikan dengan menjaga pola hidup yang sehat. Misalnya dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat, menjaga berat badan, dan rajin berolahraga. Setelah pola hidup yang sehat dijalankan, maka niscaya permasalahan mengenai ngorok ini pun dapat diselesaikan. Demikianlah sedikit tips mengenai cara mengatasi ngorok untuk diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website