Efek Kurang Olah Raga Bagi Penderita Jantung Bengkak

Penyakit jantung bengkak

Penyakit jantung bengkak

Olahraga dikenal sebagai suatu kegiatan yang memang menyehatkan tubuh, karena dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan terbebas dari penyakit. Lantas, apa hubungannya jarang olahraga dengan penyakit jantung ?
Tubuh yang kurang berolahraga dan kurang beraktivitas akan jarang mengeluarkan keringat. Resiko yang ditimbulkan salah satunya adalah kelebihan berat badan (obesitas). Bagi yang mengalami obesitas tentu sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung.

Akibatnya, lemak bisa menyumbat dalam pembuluh darah dan lemak itulah yang bisa membuat jantung anda menjadi bengkak.
Jika kita malas bergerak, setidaknya ada enam hal buruk yang bisa terjadi pada tubuh seseorang dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.
1. Darah Tinggi, karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar akan mengakibatkan naiknya tekanan darah menjadi darah tinggi yang dapat menyebabkan munculnya penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.
2. Kegemukan, masalah obesitas juga berkaitan dengan kurangnya olahraga. Orang yang malas bergerak akan membuat lemak dalam tubuhnya terus menumpuk, sehingga meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu kita perlu rutin berolahraga, sehingga kalori dan lemak di dalam tubuh akan lebih cepat terbakar, sehingga berat tubuh menjadi lebih ideal.
3. Memicu timbulnya hormon stress, ketika kurang beraktivitas tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak sehingga seseorang lebih mudah mengalami tekanan jiwa (stress), sehingga bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit. Tingkat stress seseorang akan lebih rendah ketika tubuhnya bergerak aktif, sebab aktivitas tersebut akan melepaskan hormon endorfin, yang membuat suasana hati kita akan lebih baik atau bahagia.
4. Gangguan tidur, aktivitas olahraga yang kita jalani dengan rutin akan mendorong pelepasan hormon dan kalori dalam tubuh, sehingga tidur akan lebih nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh kurang aktif, hanya sedikit energi yang digunakan tubuh yang akan menyebabkan kita akan mudah terjaga lebih lama, atau mungkin sepanjang malam saat waktunya tidur karena kelebihan energi yang tak tersalurkan.
5. Metabolisme lambat, kecepatan metabolisme tubuh dalam membakar lemak dan kalori akan melambat jika tubuh kurang olahraga, sehingga kita makin malas bergerak dan tak berenergi. Salah satu akibat dari melambatnya metabolisme tubuh, kita akan lebih gampang gemuk, sehingga bisa meningkatkan resiko datangnya berbagai penyakit.
6. Osteoporis, jika malas berolahraga, tulang kita lambat laun akan melemah. Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Lebih lanjut, kita akan berisiko menderita osteoporosis, atau pengeroposan tulang lebih cepat.

Baca juga obat jantung bengkak alami.

Tentu ke enam hal tersebut yang telah disebutkan di atas tidak ingin anda alami bukan? Terutama untuk anda yang menderita jantung bengkak, mari mulai sekarang tingkatkan pola hidup sehat anda mulai dengan rutin berolahraga atau setidaknya lakukan aktivitas fisik satu jam sekali apabila anda terlalu sibuk sehingga tubuh menjadi lebih sehat terutama jantung anda. Semoga artikel ini dapat menolong kita terbebas dari penyakit jantung bengkak.

sumber : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website