Fakta Seputar Penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat momok kaum pria

Mitos seputar penyakit kanker prostat selalu memunculkan perdebatan di kalangan para pria, karena penyakit yang satu ini bahkan dapat menyebabkan kematian. Prostat adalah kelenjar yang hanya ditemukan pada laki laki. Prostat tepat berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum.

Prostat mengandung sel sel yang membuat cairan (air mani) serta melindungi dan memelihara sperma. Beberapa kanker prostat dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat, tapi sebagian besar dapat tumbuh perlahan, sehingga saat terdeteksi sudah memasuki stadium lanjut. Berikut beberapa fakta dan mitos seputar penyakit kanker prostat:

  1. Fakta adalah penyebab kanker prostat sampai saat ini belum diketahui dengan jelas. Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai ketika beberapa sel dalam prostat Anda menjadi abnormal.
  2. Kanker prostat memang jarang terjadi pada pria di bawah usia 40 tahun. Namun, usia bukan satu satunya faktor yang menyebabkan resiko kanker. Faktor lain seperti riwayat kesehatan keluarga bisa berpengaruh. Jika ayah atau saudara pernah terkena kanker prostat, Anda memliki resiko ganda terkena penyakit ini.
  3. Mitos jika penyebab kanker prostat adalah terlalu seringnya pria melakukan hubungan seks. Gejala umum kanker prostat adalah sering buang air kecil, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, kesulitan mengalami ereksi, ejakulasi menyakitkan, darah dalam urin atau air mani, atau nyeri di bagian bawah pinggul atau paha atas. Jika Anda mengalami gejala gejala tersebut, pastikan untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat kanker prostat yang ampuh.
  4. Terjadi disfungsi ereksi setelah operasi atau terapi radiasi untuk kanker prostat, itu tidak benar adanya. Efek samping ini dapat sangat tergantung pada usia dan kondisi fisik. Banyak terapi dan alat bantu yang dapat meningkatkan fungsi ereksi dan inkontinensia setelah perawatan pasca operasi kanker prostat.
  5. Tingginya kadar aktivitas seksual atau sering ejakulasi meningkatkan resiko kanker prostat adalah mitos. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang lebih sering ejakulasi memiliki resiko lebih rendah terkena kanker prostat.
  6. Kanker prostat tidak menular adalah fakta, ini berarti bahwa tidak ada cara bagi Anda untuk menyebarkannya kepada orang lain.

Langkah pertama adalah mengetahui fakta fakta dan menghilangkan mitos seputar penyakit kanker prostat. Studi terbaru menunjukkan bahwa keputusan gaya hidup seperti mempertahankan diet yang sehat dan olahraga teratur, juga memainkan peran penting dalam mengurangi resiko terkena kanker prostat. Bicaralah dengan keluarga Anda dan teman teman jika Anda terkena kanker prostat, karena dukungan dari orang terdekat sangatlah berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website