Pemicu Kerusakan Hati

Belum dapat dipastikan dengan jelas, apa yang menimbulkan penyakit kanker hati. Tetapi dilihat dari sejumlah kasus, pemicu kanker hati ini bisa timbul dari peradangan kronis virus hepatitis. Kanker hati timbul disebabkan sel-sel hati yang telah bermutasi di dalam DNA.

DNA yang mengalami perubahan memiliki bahan instruksi ketika mengalami proses zat kimia di dalam tubuh. Dan salah satu hasilnya ialah timbulnya sel sel secara tidak terkendali dan berkembang menjadi tumor sel kanker. Dibawah ini akan dijelaskan pemicu penyakit kanker hati yang wajib diperhatikan :

  1. Terkena Infeksi Virus Hepatitis

Infeksi virus hepatitis B atau C dalan waktu yang lama, bisa menguatkan resiko pertumbuhan kanker hati primer yang dapat menimbulkan gangguan pada organ hati. Jika seseorang telah terinfeksi virus hepatitis B atau C disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman alkohol karena alkohol bisa menguatkan resiko terserang penyakit kanker hati atau sirosis.

  1. Riwayat Di Suatu Keluarga

Jika seseorang yang mempunyai keluarga yang pernah terkena penyakit kanker hati kemungkinan orang tersebut mempunyai resiko lebih besar terserang penyakit kanker hati.

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Seseorang yang merasakan daya tahan tubuhnya menurun, misalnya mereka yang menderita penyakit HIV/AIDS yang akan mempunyai resiko lebih besar terkena kanker hati dibandingkan dengan kondisi mereka yang sehat. Penderita HIV/AIDS memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Selanjutnya orang yang sudah melakukan transplantasi organ wajib mengonsumsi obat untuk menjaga tubuh dari transplantasi tadi. Obat-obatan yang dikonsumsi ini dapat mempengaruhi pada daya tahan tubuh dan menguatkan resiko terkena penyakit kanker hati.

  1. Operasi pengambilan Kantung Empedu

Seseorang yang sudah melakukan pengambilan kantong empedu guna menghilangkan batu empedu, bisa saja kondisi ini dapat meningkatkan resiko terhadap kanker hati. Terjadinya peningkatan resiko disebabkan adanya peningkatan pada tekanan di dalam aliran empedu yang menimbulkan infeksi dalam waktu yang lama di dalam jaringan hati.

Lihat juga informasi tentang obat kanker hati stadium 4 di artikel kami yang lain.

  1. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak wajar, bisa saja dapat menambahkan resiko penyakit kanker hati. Mengonsumsi minuman alkohol dengan takaran yang disarankan pemerintah sekarang ini yang terapkan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan sirosis, dan dapat merusak DNA yang terdapat di dalam sel-sel hati.

  1. Merokok

Memiliki kebiasaan merokok bisa menguatkan resiko terkena kanker hati. bagi perokok yang perna terserang infeksi virus hepatitis B atau C, bisa menguatkan resiko lebih tinggi terkena kanker. Bagi perokok yang mengonsumsi alkohol dengan takaran yang tinggi, kemungkinan memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker daripada seseorang yang tidak mengonsumsi alkohol dan tidak merokok.

  1. Mengalami Kegemukan

Para analisi menyatakan kalau terkena resiko kanker hati mejadi lebih tinggi bagi orang yang mempunyai berat badan yang berlebihan di bagian pinggang. Kegemukan yang dilamai pun dapat menambhakn resiko kanker lainnya misalnya pemicu penyakit kanker usus.

 

Memiliki pola hidup misalnya merokok, dan mengonsumsi alkohol sebenarnya tidak terlalu menimbulkan penyakit kanker hati. Tetapi beberapa pemicu kanker hati lainnya misalnya terinfeksi virus hepatitis, penyakit sirosis, dan riwayat keluarga maka diwajibkan bagi anda secepatnya melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk terhindarnya dari penyakit kanker hati.